Minggu, 03 November 2013

COBIT (Control Objectives for Information and related Technology)

COBIT (Control Objectives for Information and related Technology)

IT Governance adalah sistem yang mengatur dan mengendalikan seluruh proses teknologi informasi perusahaan/organisasi yang strukturnya akan menetapkan pendistribusian hak dan tanggung jawab antara pihak-pihak yang terlibat juga berisikan peraturan serta strategi yang ditetapkan perusahaan/ organisasi (Prasojo, 2005, Warsilah, 2007 dan Alindita, 2008).

DS11: Mengelola Data. Pengelolaan data (proses input, pemrosesan dan output)
Dalam hal ini dibahas mengenai hal-hal yang terkait dengan pengelolaan data seperti manajemen data, tata kelola keamanan data, hingga penanggung jawab pengelolaan data tersebut.

Untuk menjamin integritas, keakuratan dan validitas data. Terdapat 6 Detail Control Obyective, yaitu:

DS11.1 Kebutuhan bisnis untuk manajemen data
Dalam sistem inventory yang ada, perusahaan dapat memonitor jumlah barang yang ada di gudang dan barang yang keluar dari gudang secara terkomputerisasi.

DS11.2 Prosedur penyimpanan data, retensi, dan pengarsipan
Dalam proses penyimpanan data yang disediakan, data terlebih dahulu disimpan di database local, dan yag nanti nya akan dipindahkan ke server. Agar manager juga dapat melihat inventory pada perusahaan tersebut.

DS11.3 Manjemen sistem media pustaka data
Dalam sistem yang sudah ada, sudah terdapat kesadaran untuk sistem inventory dijadikan sebagai media pustaka, akan tetapi belum digunakan secara efektif karena keterbatasan sumber daya manusia yang tidak terlalu mengerti tentang sistem inventory yang sudah ada.

DS11.4 Prosedur perlindungan data saat ada transfer data atau hardware
Dalam proses perlindungan data sudah cukup bagus, karena data tidak hanya terdapat pada database local, akan tetapi juga terdapat backup data yang terdapat di server.

DS11.5 Prosedur backup data, pemulihan sistem, aplikasi, data dan dokumentasi
Dalam sistem inventory yang tersedia sudah bagus, karena jika komputer dimatikan atau restart maka untuk dapat masuk ke dalam sistem inventory dibutuhkan login yang nantinya akan mengembalikan data yang ter record sebelumnya.

DS11.6 Prosedur keamanan untuk penerimaan pengolahan, penyimpanan, dan keluaran data. 
Dalam sistem inventory yang ada sudah cukup bagus karena sudah ada sistem login untuk dapat masuk ke dalam sistem. Sistem login ini berguna untuk meminimalisir pencurian dan manipulasi data oleh pihak yang tidak berkepentingan.

0 komentar:

Posting Komentar